sekilas tentang Claude Shannon (MIT)



lahir di Petoskey, Michigan, 30 April 1916 – meninggal di Medford, Massachusetts, Amerika Serikat, 24 Februari 2001 pada umur 84 tahun, shannon merupakan kerabat jauh dari Thomas Alfa edison. Meningeal akibat penyakit Alzeimer. m
erupakan ilmuan dibidang matematika, Teknik elektro, dan kriptografi dengan sebutan bapak “teori informasi”. Dengan pemfokusan pada matematika terapan berkaitan tentang kuantisasi data sehingga data dapat di simpan dan dikirim tanpa kesalahan pada atau melalui kanal komunikasi.
Pada 1936 dia masuk MIT dan mejadi pekerja paruh waktu disana serta mahasiswa paskasarjana. Dengan master tessisnya "A Symbolic Analysis of Relay and Switching Circuits," teori ini merupakan teori yang di anggap sangat penting saat ini dan menjadi teori dasar rangkaian digital. Dan menjadi teori dasar dari swiching digital modern. Prfesor Harvard gardner menyebutnya “kemungkinan tesis yang paling penting dan terkenal abad ini”.
1945 merintis teori tentang matematika teori informasi dan mengamati tentang "the fundamental problem of communication is that of reproducing at one point either exactly or approximately a message selected at another point."  Dan menyusung teori bahwa data dan pesan dapat menggunakan hanya dengan pengkodean yang di simbolkan / al-jabar dalam 1 dan 0 .
Shannon juga mengusung teori mengenai kapasitas saluran yang dapat digunakan dalam penyimpanan data yang dapat diterapkan seperti gambar dan suara yang saat ini kita dapat lihat di komputer.
Teori ini disebut teory Shannon and Weaver  Teori Matematikal Komunikasi ini memandang komunikasi sebagai fenomena mekanistis, matematis, dan informatif: komunikasi sebagai transmisi pesan dan bagaimana (transmitter) menggunakan saluran dan media komunikasi. Titik perhatiannya terletak pada akurasi dan efisiensi proses. Proses yang dimaksud adalah komunikasi pribadi yang mempengaruhi tingkah laku pribadi yang lain .Jika efek yang ditimbulkan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, maka teori dikatakan mengalami kegagalan komunikasi.
Teory algoritma shanno juga di gunakan dalam pengkonpresi data sehingga data yang dikirim dan disimpan lebih rendah dari data aslinya.

Comments