SEJARAH JARINGAN KOMPUTER





1.         Tahun 1940-an
a.       Konsep jaringan komputer pertama kali mulai dicetuskan pada era tahun 1940-an. Pada era ini, konsep jaringan komputer dibuat di Amerika, di dalam sebuah laboratorium yang sedang mengembangkan komputer MODEL I. Pengembangan ini dicetuskan oleh grup riset yang berasal dari Harvard University yang dipimpin oleh Prof. H.Aiken.



        
2.  Tahun 1950-an
a.       Munculah sebuah konsep yang mengembangkan konsep jaringan komputer sebelumnya. Konsep ini dikenal dengan istilah konsep TSS atau Time Sharing System. Pada proses ini, dimungkinkan terdapat satu host komputer sebagai server agar bisa mengakomodir kegiatan dari beberapa workstation atau terminal dalam waktu yang bersamaan.
b.      Pada tahun 1957 Advanced Research Projects Agency (ARPA) dibentuk oleh Departement of Defence (DoD) USA. Pada tahun 1967 desain awal dari ARPANET diterbitkan dan tahun 1969 DoD menggelar pengembangan ARPANET dengan mengadakan riset untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik (program ini dikenal dengan nama ARPANET).

3.         Tahun 1970-an
a.       Tahun 1972 Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan satu tahun sebelumnya untuk ARPANET. Program ini begitu mudah dan langsung populer dengan memperkenalkan  ikon @ yang berarti “at” atau “pada”.
b.      Tahun 1973 jaringan komputer ARPANET berkembang luas keluar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama di luar USA yang menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tahun yang sama, 2 orang ahli komputer, Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network (Internet). Ide ini untuk pertama kalinya dipresentasikan di Sussex University
c.       Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
d.      Pada tahun 1976, sebuah hardware yang diciptakan dan juga dikembangkan oleh xerox, yaitu Ethernet Card (Baca : Fungsi Ethernet Card) diresmikan menjadi sebuah protokol standar dalam jaringan lokal atau LAN. Dengan adanya ethernet card, maka setiap komputer bisa terhubung ke dalam suatu jaringan dengan mudah, terutama jaringan peer to peer LAN, dimana dua komputer bisa saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan kabel



4.         Tahun 1980-an
Tahun 1980-an mungkin menjadi salah satu titik terang dari perkembangan jaringan komputer di seluruh dunia. Banyak perkembangan yang sangat maju, mulai dari pengaplikasian banyak fitur di dalam internet, hingga pengaplikasian teknologi wireless di dalam sebuah jaringan komputer.
a.       1982 – TCP / IP
Pada tahun 1982, dibuatlah sebuah protokol dalam jaringan internet, yang dikenal dengan nama Transmission Control Protocol atau Internet Protocol, yang tentu saja saat ini sudah sangat akrab degnan kita, yaitu TCP/IP. TCP/IP ini merupakan kompensasi dari banyaknya jumlah komputer yang terhubung ke dalam jaringan luas komputer, sehingga dibutuhkan suatu standar protokol tertentu yang dapat diterima oleh semua komputer yang ingin terhubung ke dalam jaringan komputer. Dari situlah, kemudian TCP/IP diciptakan dan masih digunakan hingga saat ini. Tidak hanya TCP/IP. di Eropa juga terdapat protokol internet lainnya, yang kala itu menyediakan layanan surat elektronik, yaitu EUNET.
b.      1984 – DNS
Pada tahun 1984, penggunaan DNS atau Domain Name System mulai digunakan. Hal ini untuk membantu memilah alamat – alamat website yang tergabung pada wilayah – wilayah tertentu agar menjadi lebih mdah untuk dikenali dan juga mudah untuk diakses. Hingga tahun 1987, diketahui bahwa jumlah komputer yang saling terhubung ke dalam jaringan internet yang luas sudah mencapai jumlah 10000 komputer lebih. Sebuah penggunaan yang cukup banyak, mengingat teknologi jaringan ini merupakan sebuah teknologi yang baru (baca : Topologi Jaringan Komputer).
Pada era 80-an juga, sebuah teknologi jaringan dipatenkan dan bisa digunakan secara umum. Teknologi tersebut adalah teknologi WiFi atau Wireless fidelity. Teknologi yang dikembangkan oleh IBM ini pada awalnya diperuntukkan untuk mempermudah koneksi LAN agar tidak menggunakan kabel dengan memanfaatkan gelombang infra merah. Namun demikian, pada awalnya teknologi Wireless ini tidak berjalan dengan baik, sehingga ditunda peluncurannya selama beberapa tahun, dan baru pada era 80-an ini, tepatnya tahun 80 akhir dan awal 90, teknologi WiFi mulai dipatenkan dan juga diperkenalkan ke kalangan masyarakat luas.

c.       1988 Jarkko Oikarinen IRC

Masih dari era 80-an, tepatnya kira kira pada tahun 1988, seorang ilmuwan dan pengembang asal Finlandia, yaitu Jarkko Oikarinen mengembangkan dan juga menciptakan suatu sistem Internet Relay Chat. Dengan adanya sistem IRC ini, maka dimungkinkan untuk semua komputer yang sudah masuk ke dalam jaringan internet dapat melakukan chatting dan mengobrol dengan cara mengetik. Hal ini merupakan suatu terobosan yang sangat besar, karena itu hal ini membuat penggunaan komputer yang sudah terhubung ke dalam jaringan melonjak menjadi hampir 100000 komputer yang terhubung ke dalam jaringan.


Comments