MAN (Metropolitan Area Network)



2.      Pengertian Jaringan MAN


MAN (Metropolitan Area Network) adalah suatu jaringan yang berada di kota untuk menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pabrik. MAN di optimalkan untuk area geografis yang lebih besar dari LAN.MAN hanya memiliki satu atau dua buah kabel yang fungsinya untuk mengatur paket data melalui kabel output. Protokol MAN sebagian besar berada pada tingkat data link (layer 2 dalam model OSI , yang didefinisikan oleh IEEE).Jaringan yang dihubungkan oleh MAN di sebut internet atau intranet sesuai dengan kondisinya IP ada yang bersifat dinamis dan statis.di Intranet menggunakan ip statis sedangkan internet memiliki IP dinamis.



3.      Perangkat MAN

·         Router adalah alat yang digunakan untuk proses routing diddalam jaringan MAN. Routing adalah proses pengambilan sebuah paket dari sebuah alat dan mengirimkan melalui network kealat lain di sebuah network yang berbeda.
·         Switch adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan 2 atau lebih perangkat yang berbeda.
·         Radio frekuensi adalah pemancar sinyal utama untuk mengirimkan data denga jarak geografis yang jauh.
·         Komputer Client dan computer server.



4.      Karakteristik Jaringan MAN
·         Jangkauan area MAN dapat mencakup 5 sampai 100 km .
·         Mempunyai kecepatan hingga 1,5 – 150 Mbps.
·         Hanya memiliki 2 kabel dan tidak memiliki elemen switching yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel.
·         Untuk Wireless MAN (pre-Wimax IEEE 802.16) dapat bermain di beberapa frekuensi yaitu frekuen 900MHz, 1.5GHz, 2GHz, 2.5GHz, 3.3 GHz, 5.8 GHz. Di Indonesia dijinkan pemerintahan untuk di pakai masyarakat umum adalah frekuensi 2.4GHz.
·         Berbagai informasi tersebar dengan luas dimana

5.      Aplikasi Penggunaan Jaringan MAN.
Contoh penggunaan jaringan MAN di Indonesia adalah jaringan bank. Dimana beberapa kantor cabang sebuah bank  di dalam kota besar di hubungkan antara satu dengan yang lainnya.


Comments