Pelanggan sebagai muara penjualan,strategi negosiasi dalam pemasaran,meningkatkan Pelayanan ke Level Prima (kewirausahaan/KWU)
Kepuasan pelanggan adalah penilaian
pelanggan terhadap produk atau pelayanan yang telah memberikan tingkat
kenikmatan seperti yang di harapkan.
Prinsip Kepuasan Pelanggan
Ada beberapa prinsip atau pedoman untuk
bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan diantarannya adalah sebagai berikut.
- Kepuasan pelanggan adalah sesuatu yang penting
- Pahamilah harapan pelanggan
- Pilihlah pelanggan dengan tepat
- Pelajarilah faktor – faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan
- Pelanggan yang loyal adalah pelanggan yang mau komplain
- Beri jaminan kepada pelanggan
- Dengarkanlah suara pelanggan
- Arti penting karyawan dalam memuaskan pelanggan
- Kepemimpinan adalah teladan dalam kepuasan pelanggan
- Kualitas produk
- Harga
- Kualitas pelayanan
- Faktor emosional
- Faktor kemudahan
Metode – metode yang bisa digunakan
mengukur tingkat kepuasan pelanggan adalah sebagai berikut.
- Sistem keluhan dan saran
- Survei kepuasan pelanggan secara perkala
- Ghost shopping atau mystery shopper
Meningkatkan Pelayanan ke Level Prima
Pelayan prima adalah pelayanan
sebaik – baiknya kepada pelanggan sehingga dapat menimbulkan rasa puas pada
pelanggan.TQM artinya total quality manajement
Pelayanan prima dikembangkan berdasarkan A3, yaitu
attitude( sikap ), attention( perhatian), action( tindakan ).
Konsep Attitude
Calon pembeli atau pelanggan selalu mengharapkan sikap dan perilaku yang baik dan menyenangkan dari pelayanan atau petugas yang ada di toko.
Pelayan berdasarkan attitude terdiri dari beberapa bentuk, antara lain sebagai berikut
- Pelayana pelanggan dengan penampilan serasi
- Pelayanan dengan berfikir positif
- Pelayanan dengan bsikap menghargai
Konsep attention
Apabila calon pembeli atau pelanggan
menunjukkan minat terhadap suatu barang atau jasa, maka dilakukan konsep
attention.
Bentuk – bentuk pelayan berdasarkan konsep attention adalah sebagai berikut
Bentuk – bentuk pelayan berdasarkan konsep attention adalah sebagai berikut
- Mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan
- Mengamati perilaku pelanggan
- Mencurahkan perhatian penuh kepada pelanggan
Konsep
action
Pelayan prima dalam menghadapi
pembeli tidak cukup hanya berdasarkan konsep sikap dan perhatian saja, tetapi
harus diikuti oleh sikap tindakan
Bentuk – bentuk pelayanan berdasarkan konsep tindakan adalah sebagai berikut.
Bentuk – bentuk pelayanan berdasarkan konsep tindakan adalah sebagai berikut.
- Pencatatan pesanan pelanggan
- Pencatatan kebutuhan pelanggan
- Penegasan kembali kebutuhan pelanggan
- Mewujudkan kebutuhan pelanggan
- Menyatakan terima kasih dengan harapan pelanggan kembali
- Hal- hal yang dapat dilakukan ,dengan harapan pelanggan akan kembali untuk membeli barang atau jasa di antarannya dalah sebagai berikut.
- Pernyataan terima kasih kepada setiap pelanggan
- Pemberian bonus kepada pelanggan
- Pemberian potongan harga
- Pemberian hadiah pada waktu – waktu tertentu kepada pelanggan
Strategi negosiasi dalam pemasaran
Berikut hal-hal penting mengenai negosiasi
dalam pemasaran.
Negosiasi atau perundingan terjadi karena
beberapa sebab, antara lain seperti berikut.
- ada pihak yang berkepentingan
- ada suatu masalah yang harus di perundingkan
- ada keinginan untuk mencapai kesepakatan dalam membagi hak atau kewajiban diantara pihak yang berkepentingan.
- ada upaya untuk menghindarkan persengketaan di masa yang akan datang
- ada upaya menjaga kehormatan atau kedaulatan masing-masing pihak
pelaksanaan negosiasi, kususnya dalam
kegiatan jual-beli ditujukan untuk memfasilitasi kehendak pembeli dan penjual,
yaitu merundingkan masalah yang berkaitan dengan hak dan kewajiban pihak
pembeli dan penjual.
Untuk mencapai satu kesepakatan yang
memuaskan kedua belah pihak ,maka ada baiknya kegiatan negosiasi itu dilandasi
dengan akal yang sehat,niat yang baik ,rasa tanggng jawab, kejujuran, dan rasa
saling menghormati
Suatu negosiasi akan berhasil jika pelaku
negosiasi atau negosiatornya :
- mempersiapkan diri secara intensif
- siap untuk mengatasi masalah
- berorentiasi pada sasaran
- mengerti kondisi psikologis mitra negosiasi
- dapat menganalisis situasi dan mengambil posisi yang fleksibel
Strategi bernegosiasi
Ada beberapa strategi negosiasi yang dapat
dipelajari, antar lain sebagai berikut.
strategi menang-menang (win-win strategy)
negosiasi yang berorentiasi pada kemenangan
kedua belah pihak.
strategi menang-kalah(win-lose strategy)
Strategi
perundingan untuk memperoleh kemenangan mutlak dengan mengalahkan orang lain
strategi
kalah-kalah(lose-lose strategy)
strategi
yang dipilih seseorang karena didasari oleh perasaan untuk melampiaskan
kemarahan dan cenderung tidak menggunakan akal pikiran yang sehat.masing-masing
pihak cenderung untuk melakukan tindakan yang merugikan kedua belah pihak
sehingga keduanya menjadi pihak yang kalah
Adapun
persyaratan atau kriteria yang harus di miliki oleh seseorang yang ditunjuk
untuk melakukan negosiasi,antara lain :
- mempunyai wawasan yang luas dalam bidang yang akan dirndingkan
- mempunyai kemampuan berkomunikasi
- mempunyai kemampuan mengungkapkan dan mengekpresikan substansi permasalahan
- mempnyai kepercayaan diri yang kuat, tetapi tidak berlebihan
- sikap dan berpenampilan yang baik
- selau berfikir secara positif
- pandai mengendalikan emosi
Negosiasi
dalam jual-beli
Di
dalam kegiatan jual-beli, pada umumnya materi yang diperbincangkan antara pihak
penjual dengan pihak pembeli meliputi :
- harga barang yang di perjualbelikan
- banyaknya barang yang di perjualbelikan
- waktu dan lamanya pengiriman
- cara pengiriman dan alat transportasi yang digunakan
- cara waktu pembayaran
- asuransi dan ongkos pengiriman
- pembuatan surat kesepakatan atau perjanjian
- penentuan jangka waktu berlakunya perjanjian
hasil
negosiasi merupakan pedoman yang harus dihormati dan dijalankan oleh kedua
belah pihak.untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, missalnya ingkarnya
salah satu pihak terhadap kesepakatan, maka sebaiknya hasil-hasil perundingan
dibuat secara tertulis dalam bentuk nota kesepahaman atau memo
kesepahaman(memorandum of understanding atau moU) atau dalam bentuk surat
perjanjian (letter of agreement)
Contoh masalah nya doonk....
ReplyDeletecontoh permasalahan dari yang?
Delete