Membuat deret fibonanci 0 1 1 2 3 5 8 dst (C++)

Pertama-tama ayo kita mengenal apa itu dret fibonanci.
menurut wikipedia :

Berdasarkan buku The Art of Computer Programming karya Donald E. Knuth, barisan ini pertama kali dijelaskan oleh matematikawan India, Gopala dan Hemachandra pada tahun 1150, ketika menyelidiki berbagai kemungkinan untuk memasukkan barang-barang ke dalam kantong. Di dunia barat, barisan ini pertama kali dipelajari oleh Leonardo da Pisa, yang juga dikenal sebagai Fibonacci (sekitar 1200), ketika membahas pertumbuhan ideal dari populasi kelinci.
barisan ini berawal dari 0 dan 1, kemudian angka berikutnya didapat dengan cara menambahkan kedua bilangan yang berurutan sebelumnya. Dengan aturan ini, maka barisan bilangan Fibonaccci yang pertama adalah:
0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144, 233, 377, 610, 987, 1597, 2584, 4181, 6765, 10946...



dan teori ini juga di sebut sebagai rasio emas  (Goden Ratio) yang digunakan dalam berrbagai hal di kehidupan seperti. desain. perdagangan dan trading. dll.

contoh untuk desain





untuk code dari bahasa c++  deret fibonanci saya gunakan dev C++


Penjelasan dari code:

Saya menggunakan header conio.h dan iostream.h

Untuk membuat deret fibonanci kita gunakan perulangan dan akan ditampilkan dalam jumlah banyak deretnya menyesuaikan dari input yang kiat masukan..

Perulangan yang saya gunakan yaitu perulangan menggunakan for { }. untuk input dari user saya masukan pada integer a. dan bila nilai yang diinputkan =<2 maka akan tampill 0 1. dan perulangan do { }while(); di gunakan untuk mengulangi program.

kita buat integer b=0 dan c=1 untuk inputan 2 angka awal.

pada perulangan for ( ){ } dengan kondisi perulangan akan mengulang apabila dengan integer e yang kurang dari a (input dari user) dikurangi 2 (banyaknya angka awal = 2) dan nilai e akan terus bertambah.
menjadi : for (int e; e<a-2; e++){ data yang akan di ulangi}

kita tambahkan integer lagi yang d untuk menhasilkan penjumlahan 2 angka sebelumnya (contoh 0+1=1, 1+1=2, 1+2=3, 2+3=5 dst) dan utuk menyimpannya.


d=c+b : d untuk enyimpan nilai c+b saat itu.
b=c : nilai b di ubah menjadi nilai dari c / nilai c di inputan kedalam b
c=d : nilai c di ubah menjadi nilai dari d / nilai d di inputan kedalam c.

cout d untuk menampilkan nilai d pada saat itu.

Karena perulangan nilai tersebut akan terus berubah sesual banyaknya deret yang akan anda inputkan.

Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Bilangan_Fibonacci

Comments